Rekayasa Perangkat Lunak
Menurut id.wikipedia.org Rekayasa perangkat lunak (RPL, atau dalam bahasa Inggris: Software Engineering atau SE) adalah satu bidang profesi yang mendalami cara-cara pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembanganan perangkat lunak dan manajemen kualitas.
Menurut id.wikipedia.org Rekayasa perangkat lunak (RPL, atau dalam bahasa Inggris: Software Engineering atau SE) adalah satu bidang profesi yang mendalami cara-cara pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembanganan perangkat lunak dan manajemen kualitas.
IEEE Computer Society mendefinisikan rekayasa perangkat lunak sebagai
penerapan suatu pendekatan yang sistematis, disiplin dan terkuantifikasi
atas pengembangan, penggunaan dan pemeliharaan perangkat lunak, serta
studi atas pendekatan-pendekatan ini, yaitu penerapan pendekatan
engineering atas perangkat lunak.
rekayasa perangkat lunak adalah pengubahan perangkat lunak itu sendiri
guna mengembangkan, memelihara, dan membangun kembali dengan menggunakan
prinsip reakayasa untuk menghasilkan perangkat lunak yang dapat bekerja
lebih efisien dan efektif untuk pengguna.
kriteria yang dapat digunakan sebagai acuan dalam merekayasa perangkat lunak:
1. dapat terus dirawat dan dipelihara(maintainability)
2. dapat mengikuti perkembangan teknologi(dependability)
3. dapat mengikuti keinginan pengguna(robust)
4. efektif dan efisien dalam menggunakan energi dan penggunaannya
5. dapat memenuhi kebutuhan yang diinginkan(usability)
Apa itu Rekayasa Perangkat Lunak?
Selama 50 tahun terakhir telah terjadi kemajuan revolusioner di bidang
teknologi, yang mengarah pada perbaikan kinerja perangkat keras dan
perubahan besar dalam arsitektur komputasi. Kemajuan ini telah
menyebabkan produksi sistem berbasis komputer yang kompleks yang mampu
memberikan informasi dalam berbagai format. Meningkatnya daya komputer
telah membuat aplikasi komputer yang tidak realistis menjadi proposisi
yang layak, menandai asal mula era di mana produk perangkat lunak jauh
lebih kompleks dibandingkan sebelumnya. Dengan mempelajari dan
mempraktikan ilmu rekayasa perangkat lunak (software engineering),
sistem kompleks ini dapat dikembangkan secara sistematis dan efisien.
Salah satu tujuan utama rekayasa perangkat lunak adalah membantu
pengembang mendapatkan perangkat lunak berkualitas tinggi. Kualitas ini
dicapai melalui penggunaan Total Quality Management (TQM), yang
memungkinkan proses perbaikan secara terus-menerus yang mengarah pada
pendekatan pengembangan yang lebih mapan terhadap rekayasa perangkat
lunak.
Rekayasa perangkat lunak adalah pendekatan yang sistematis terhadap
pengembangan, pengoperasian, pemeliharaan dan pengakhiran (retirement)
perangkat lunak. Rekayasa Perangkat Lunak merupakan penerapan sains dan
matematika dimana kemampuan peralatan komputer berguna bagi manusia
melalui program komputer, prosedur, dan dokumentasi terkait.
Tujuan dasar rekayasa perangkat lunak adalah untuk mengembangkan metode
dan prosedur pengembangan perangkat lunak yang dapat meningkatkan sistem
yang besar dan dapat digunakan secara konsisten untuk menghasilkan
perangkat lunak berkualitas tinggi dengan biaya rendah dan dengan siklus
waktu yang kecil.
tujuan RPL
Secara lebih khusus kita dapat menyatakan tujuan RPL adalah:
- Memperoleh biaya produksi perangkat lunak yang rendah
- Menghasilkan perangkat lunak yang kinerjanya tinggi, andal dan tepat waktu
- Menghasilkan perangkat lunak yang dapat bekerja pada berbagai jenis platform
- Menghasilkan perangkat lunak yang biaya perawatannya rendah


0 Komentar