Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Manajemen Publikasi Ilmiah



Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Manajemen Publikasi Ilmiah Berbasis Online pada Jurnal SISFO

METODE PENELITIAN
A. Pembuatan Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak Pada Tahapan ini dilakukan wawancara terhadap pengelola publikasi ilmiah di Jurusan Sistem Informasi, input dari proses ini adalah daftar pertanyaan wawancara untuk mengetahui kebutuhan apa saja yang diinginkan dengan adanya aplikasi manajemen publikasi ilmiah berbasis online ini, sehingga output dari tahapan ini adalah jawaban pertanyaan dari wawancara yang diolah, dan dianalisis untuk menjadi acuan dalam pembuatan  dokumen spesifikasi kebutuhan perangkat Lunak ( SKPL ).
B. Pembuatan Rancangan Perangkat Lunak Input dari tahapan ini adalah kebutuhan pengguna berupa dokumen SKPL berdasarkan tahapan pendefinsian kebutuhan perangkat lunak (tahapan inception). Pada tahapan ini dilakukan perancangan perangkat lunak berupa desain database, antarmuka dan perancangan sistem dengan menerjemahkan spesifikasi kebutuhan perangkat lunak kedalam desain UML sehingga akan memudahkan dalam melakukan pengembangan perangkat lunak dan melakukan komunikasi dengan pengelola publikasi ilmiah. Output dari tahapan ini akan menghasilkan desain UML meliputi: Use case diagram, activity diagram, sequence diagram dan class diagram dan kemudian disusun menjadi dokumen DPPL.
C. Pembuatan Perangkat Lunak Tahapan ini adalah tahapan pembangunan sistem yang dilakukan berdasarkan masukan berupa desain UML yang telah dibuat pada tahapan perancangan sistem ( tahap elaboration ). Pada tahap ini dilakukan implementasi dari desain UML kedalam kode pemrograman. Pada masa pembangunan sistem dengan kode pemrograman. Keluaran dari tahapan ini adalah rilis perangkat lunak versi beta.
D.        Pengujian Perangkat Lunak Pada tahapan ini perangkat lunak sudah dirilis dengan versi beta dan diuji coba dengan metode Black-box untuk memastikan fungsi – fungsi yang ada telah berjalan dengan baik sesuai dengan desain yang telah dibuat pada fase elaboration. Keluaran dari tahapan ini adalah perangkat lunak yang sesuai desain perangkat lunak.

E. Penyusunan Buku Penelitian Pada tahapan ini dilakukan penyusunan laporan berdasarkan masukan yang berupa proses dan keluaran yang dihasilkan
 

































HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.        Aplikasi pengelolaan Jurnal
Aplikasi pengelolaan jurnal ini merupakan aplikasi berbasis online pihah Sistem Informasi ITS berperan sebagai pengelola 
             konten dan sistem. Alur yang paling utama dari aplikasi ini adalah pengelolaan jurnal.
 
B.        Pengguna Aplikasi
Berdasarkan hasil penggalian kebutuhan terhadap pengguna yang telah diuraikan sebelumnya, disimpulkan bahwa terdapat enam aktor yang berperan  untuk menghasilkan pembagian kerja yang jelas. Pengguna aplikasi ini antaralain adalah Administrator, Chairman, Head Editor, Editor, Reviewer dan Author.
Penjelasan secara khusus mengenai pengguna, adalah sebagai berikut :
Ø  Administrator Merupakan pengguna yang memiliki hak untuk mengelola situs sistem informasi dan membuat jurnal baru.
Ø  Chairman Merupakan pengguna yang memiliki hak untuk megelola jurnal, pengguna, form, pengumuman dan statistik  dalam jurnal.
Ø  Editor Merupakan pengguna yang yang fokus mengelola makalah dan Reviewer.
Ø  Head Editor Merupakan pengguna turunan dari Editor, memiliki hak untuk mengelola makalah dan terbitan dalam jurnal.
Ø  Reviewer Merupakan pengguna yang memilkiki hak untuk melakukan penilaian terhadap makalah.
Ø  Author Merupakan pengguna yang memliki hak untuk mengajukan makalah.
 
C.        Kebutuhan Utama
Aplikasi Kebutuhan fungsional yang menjadi kebutuhan utama di dalam aplikasi ini adalah sebagai berikut :
KF-08. Sistem menyediakan fitur bagi Head Editor untuk menetapkan dan menghapus Editor terhadap makalah.
 KF-09. Sistem menyediakan fitur bagi Editor untuk menetapkan Reviewer dan menghapus Reviewer.
KF-10. Sistem menyediakan fitur bagi Editor untuk menentukan keputusan, melakukan copyediting, melakukan layout editing dan  menentukan terbitan terhadap makalah.
KF-11. Sistem menyediakan fitur bagi Reviewer untuk menerima, menolak dan menilai makalah.
KF-12. Sistem menyediakan fitur bagi Author untuk membuat, mengatur metadata, merevisi, melakukan copyediting dan proofreading makalah.
Dari kelima kebutuhan fungsional tersebut telah diturunkan menjadi fitur F-07 yaitu Fitur Pengelolaan makalah. Fitur F-07 ini digunakan pengguna agar dapat melakukan pengelolaan makalah berdasarkan peran masing-masing pengguna. Aktivitas yang dapat dilakukan diantaranya adalah pembuatan, melihat detil, penilaian, penentuan keputusan, dan editing dari suatu makalah. 

D.       Desain Fitur Utama
 Aplikasi Desain fitur utama aplikasi ini meliputi diagram-diagram UML yang terkait dengan fitur Pengelolaan jurnal yang terdiri atas Use Case Diagram, Activity Diagram, Robustness Diagram, dan Sequence Diagram. Selain itu, diberikan juga penjelasan tentang gambaran antarmuka pengguna terkait fitur Pengelolaan jurnal. 

E.        Skenario Pengujian
 Langkah skenario pengujian aplikasi ini menentukan kehandalan dari fitur yang tersedia.  Sebelum melakukan pengujian fitur utama. Terlebih dahulu akan dilakukan pengujian tambahan beberapa fitur terkait fitur utama yaitu pembuatan form oleh Chairman dan pembuatan issue oleh Head Editor. Berikut ini merupakan contoh skenario yang akan diujikan :
1.  Chairman membuat Form untuk Reviewer melakukan penilaian.
2.  Head Editor membuat issue yang nantinya akan menjadi issue dimana artikel akan dipublikasi. 

F.        Pelaksanaan Pengujian Buat Form
  Aktor  masuk ke halaman create form dengan menekan tombol create form dari halaman forms. Aktor memasukkan informasi Form 3, kemudian menekan tombol submit.
• Sistem menampilkan create review element panel setelah form berhasil dibuat. Aktor menekan tombol yes. kemudian masuk ke halaman create form element. Aktor memasukkan informasi form elemen ‘Kualitas Submission’ kemudian menekan tombol submit. Sistem menampilkan pesan “Form element created” setelah form elemen berhasil dibuat . Buat Issue
• Aktor memasukkan informasi issue SISFO VOL 1, NO 1 (2013) kemudian menekan tombol submit. Sistem menampilkan pesan “Issue created” apabila issue berhasil dibuat.

G.       KESIMPULAN/RINGKASAN
 Kesimpulan yang dapat diambil dari pengerjaan tugas akhir ini adalah sebagai berikut :
           1. Perancangan aplikasi  yang telah disesuaikan dengan kebutuhan pengguna melalui penerjemahan kebutuhan fungsional yand kemudian dilanjutkan dengan penyusunan use case. 
            2. Kelengkapan fitur aplikasi ditentukan dengan memeriksa kesesuaian terhadap antarmuka yang merepresentasikan fitur tersebut. 

3. Melalui pengujian aplikasi, telah disimpulkan bahwa aplikasi sudah memenuhi kebutuhan fungsional sistem. 
4. Keuntungan  yang diperoleh dari pembangunan aplikasi di antaranya adalah sebagai berikut :

     a. Pembagian kerja dalam pengelolaan publikasi menjadi lebih jelas. 
     b. Cakupan publikasi lebih luas karena dapat terpublikasi secara online.

Yosua P.W Simaremare, Apol Pribadi S dan Radityo Prasetianto Wibowo Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Jl. Arief Rahman Hakim, Surabaya 60111 e-mail: apol@is.its.ac.id
 

Posting Komentar

0 Komentar