Perancangan
dan Pembuatan Aplikasi Manajemen Publikasi Ilmiah Berbasis Online pada Jurnal
SISFO
METODE PENELITIAN
A. Pembuatan Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak Pada
Tahapan ini dilakukan wawancara terhadap pengelola publikasi ilmiah di Jurusan
Sistem Informasi, input dari proses ini adalah daftar pertanyaan wawancara
untuk mengetahui kebutuhan apa saja yang diinginkan dengan adanya aplikasi manajemen
publikasi ilmiah berbasis online ini, sehingga output dari tahapan ini adalah
jawaban pertanyaan dari wawancara yang diolah, dan dianalisis untuk menjadi
acuan dalam pembuatan dokumen
spesifikasi kebutuhan perangkat Lunak ( SKPL ).
B. Pembuatan Rancangan Perangkat Lunak Input dari tahapan
ini adalah kebutuhan pengguna berupa dokumen SKPL berdasarkan tahapan
pendefinsian kebutuhan perangkat lunak (tahapan inception). Pada tahapan ini
dilakukan perancangan perangkat lunak berupa desain database, antarmuka dan
perancangan sistem dengan menerjemahkan spesifikasi kebutuhan perangkat lunak
kedalam desain UML sehingga akan memudahkan dalam melakukan pengembangan
perangkat lunak dan melakukan komunikasi dengan pengelola publikasi ilmiah.
Output dari tahapan ini akan menghasilkan desain UML meliputi: Use case
diagram, activity diagram, sequence diagram dan class diagram dan kemudian
disusun menjadi dokumen DPPL.
C. Pembuatan Perangkat Lunak Tahapan ini adalah tahapan
pembangunan sistem yang dilakukan berdasarkan masukan berupa desain UML yang
telah dibuat pada tahapan perancangan sistem ( tahap elaboration ). Pada tahap
ini dilakukan implementasi dari desain UML kedalam kode pemrograman. Pada masa
pembangunan sistem dengan kode pemrograman. Keluaran dari tahapan ini adalah
rilis perangkat lunak versi beta.
D.
Pengujian
Perangkat Lunak Pada tahapan ini perangkat lunak sudah dirilis dengan versi
beta dan diuji coba dengan metode Black-box untuk memastikan fungsi – fungsi
yang ada telah berjalan dengan baik sesuai dengan desain yang telah dibuat pada
fase elaboration. Keluaran dari tahapan ini adalah perangkat lunak yang sesuai
desain perangkat lunak.
E. Penyusunan Buku Penelitian Pada tahapan ini dilakukan
penyusunan laporan berdasarkan masukan yang berupa proses dan keluaran yang
dihasilkan
HASIL
PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.
Aplikasi pengelolaan Jurnal
Aplikasi pengelolaan jurnal ini merupakan aplikasi
berbasis online pihah Sistem Informasi ITS berperan sebagai pengelola
konten dan sistem. Alur yang paling utama dari aplikasi
ini adalah pengelolaan jurnal.
B.
Pengguna Aplikasi
Berdasarkan hasil penggalian kebutuhan terhadap
pengguna yang telah diuraikan sebelumnya, disimpulkan bahwa terdapat enam aktor
yang berperan untuk menghasilkan
pembagian kerja yang jelas. Pengguna aplikasi ini antaralain adalah
Administrator, Chairman, Head Editor, Editor, Reviewer dan Author.
Penjelasan secara khusus mengenai pengguna, adalah
sebagai berikut :
Ø
Administrator
Merupakan pengguna yang memiliki hak untuk mengelola situs sistem informasi dan
membuat jurnal baru.
Ø
Chairman Merupakan
pengguna yang memiliki hak untuk megelola jurnal, pengguna, form, pengumuman
dan statistik dalam jurnal.
Ø
Editor Merupakan
pengguna yang yang fokus mengelola makalah dan Reviewer.
Ø
Head Editor Merupakan
pengguna turunan dari Editor, memiliki hak untuk mengelola makalah dan terbitan
dalam jurnal.
Ø
Reviewer Merupakan
pengguna yang memilkiki hak untuk melakukan penilaian terhadap makalah.
Ø
Author Merupakan
pengguna yang memliki hak untuk mengajukan makalah.
C.
Kebutuhan Utama
Aplikasi Kebutuhan fungsional yang menjadi kebutuhan
utama di dalam aplikasi ini adalah sebagai berikut :
KF-08. Sistem menyediakan fitur bagi Head Editor untuk
menetapkan dan menghapus Editor terhadap makalah.
KF-09. Sistem menyediakan
fitur bagi Editor untuk menetapkan Reviewer dan menghapus Reviewer.
KF-10. Sistem menyediakan fitur bagi Editor untuk
menentukan keputusan, melakukan copyediting, melakukan layout editing dan menentukan terbitan terhadap makalah.
KF-11. Sistem menyediakan fitur bagi Reviewer untuk
menerima, menolak dan menilai makalah.
KF-12. Sistem menyediakan fitur bagi Author untuk
membuat, mengatur metadata, merevisi, melakukan copyediting dan proofreading
makalah.
Dari kelima kebutuhan fungsional tersebut telah
diturunkan menjadi fitur F-07 yaitu Fitur Pengelolaan makalah. Fitur F-07 ini
digunakan pengguna agar dapat melakukan pengelolaan makalah berdasarkan peran
masing-masing pengguna. Aktivitas yang dapat dilakukan diantaranya adalah
pembuatan, melihat detil, penilaian, penentuan keputusan, dan editing dari
suatu makalah.
D.
Desain Fitur Utama
Aplikasi Desain
fitur utama aplikasi ini meliputi diagram-diagram UML yang terkait dengan fitur
Pengelolaan jurnal yang terdiri atas Use Case Diagram, Activity Diagram,
Robustness Diagram, dan Sequence Diagram. Selain itu, diberikan juga penjelasan
tentang gambaran antarmuka pengguna terkait fitur Pengelolaan jurnal.
E.
Skenario Pengujian
Langkah skenario
pengujian aplikasi ini menentukan kehandalan dari fitur yang tersedia. Sebelum melakukan pengujian fitur utama.
Terlebih dahulu akan dilakukan pengujian tambahan beberapa fitur terkait fitur
utama yaitu pembuatan form oleh Chairman dan pembuatan issue oleh Head Editor.
Berikut ini merupakan contoh skenario yang akan diujikan :
1. Chairman
membuat Form untuk Reviewer melakukan penilaian.
2. Head Editor
membuat issue yang nantinya akan menjadi issue dimana artikel akan dipublikasi.
F.
Pelaksanaan Pengujian Buat Form
• Aktor masuk ke halaman create form dengan menekan
tombol create form dari halaman forms. Aktor memasukkan informasi Form 3,
kemudian menekan tombol submit.
• Sistem menampilkan create review element panel
setelah form berhasil dibuat. Aktor menekan tombol yes. kemudian masuk ke
halaman create form element. Aktor memasukkan informasi form elemen ‘Kualitas
Submission’ kemudian menekan tombol submit. Sistem menampilkan pesan “Form
element created” setelah form elemen berhasil dibuat . Buat Issue
• Aktor memasukkan informasi issue SISFO VOL 1, NO 1
(2013) kemudian menekan tombol submit. Sistem menampilkan pesan “Issue created”
apabila issue berhasil dibuat.
G.
KESIMPULAN/RINGKASAN
Kesimpulan yang
dapat diambil dari pengerjaan tugas akhir ini adalah sebagai berikut :
1. Perancangan aplikasi
yang telah disesuaikan dengan kebutuhan pengguna melalui penerjemahan
kebutuhan fungsional yand kemudian dilanjutkan dengan penyusunan use case.
2. Kelengkapan fitur aplikasi ditentukan dengan
memeriksa kesesuaian terhadap antarmuka yang merepresentasikan fitur tersebut.
3. Melalui pengujian aplikasi, telah disimpulkan bahwa
aplikasi sudah memenuhi kebutuhan fungsional sistem.
4. Keuntungan yang diperoleh dari pembangunan aplikasi di
antaranya adalah sebagai berikut :
a. Pembagian kerja dalam pengelolaan publikasi menjadi
lebih jelas.
b. Cakupan publikasi lebih luas karena dapat
terpublikasi secara online.
Yosua P.W Simaremare, Apol Pribadi S dan Radityo
Prasetianto Wibowo Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi,
Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Jl. Arief Rahman Hakim, Surabaya
60111 e-mail: apol@is.its.ac.id



0 Komentar